04 October 2010

KAIST, 4 /10/10 (First day in Dep of Physics KAIST)

Hari ini jadwal ketemu kaprodi fisikanya Prof Wonho Choe. Sebenernya sama Miss Lee (sekretaris prodi,macem pak yeye-nya di fisika) nyuruh datengnya buat pertemuan jam 10 dan di saranin naek bis yang jam 8:20. tapi karena si paps gal dan ali telat akhirnya kita naik bis yang jam 8:50. Sebenernya gpp karena perjalanan ke main campus buatuh waktu 30 menit which means masih sempet. Akhirnya gw ngopi2 dulu di cafetarianya..

Sampe di kampus ternyata angin di kampus lebih gila lagi..akhirnya setelah foto2 bentar deket danau kita langsung ke Ms.Lee dan langsung di ajakin ke meeting room. di sana nungguin Prof Choe sekitar 30 menit karena emang blom jam 10. jam 10 tepat Prof Choe dateng dan ngejelasin semuanya. dia bilang klo bahasa inggris kita bagus. Prof Choe ini bahasa Inggrisnya juga top banget dan dia bilang klo semua Prof di sini terbiasa ngajar dengan b.Inggris dan semua mahasiswa graduate yang ada di sini juga kuliah sehari2nya pake bahasa inggris jadi tidak ada masalah dalam komunikasi seharusnya.

Mungkin yang lebih mengagetkan adalah kita langsung ditanya kapan mau lulus? dan apa rencana kita setelah itu.. Alhamdulillah mudah2an ini berarti baik, klo mau s2 di sini bisa lancar karena udah punya koneksi..tinggal performa di lab harus ditingkatkan.

Setelah sekitar 1 jam akhirnya kita masing2 di jemput ke lab kita masing2 buat ketemu sama professor kita masing2. lab gw ada di gedung fisika lantai 5!! sumpah capek banget naiknya..pas nyampe di lab ternyata professornya blom ada. akhirnya kenalan sama anak2 lab di sana ada KiHong,Juin Kim,Yong-Ju,Yun,dll.. Ah iya professor gw namanya Hawoong Jeong.. kata kaprodinya orangnya lucu dan atraktif.. gak beberapa lama akhirnya professornya dateng dan langsung ngobrol dengan si prof. Ternyata gayanya ky2 pa Wahyu gitu dan setelah beberapa lama akhirnya gw dikasi topik tentang econophysics (fisika ekonomi) dan dikasi buku buat baca2 dulu. Back to the lab gw baca2 di meja gw..yups gw di sini dapet meja dan diperbolehin make semua fasilitas lab.

Setelah buka laptop gw baca2 dikit dan ternyata susah banget...banyak istilah2 baru..akhirnya ngajak2 ngobrol aja anak labnya..nanya masalah kultur lab seperti apa dan ternyata:
  1. orang lab gw itu baru pada dateng biasanya jam 10-11
  2. lab buka 24 jam,jadi tidak ada ketentuan kapan harus pulang,,klo capek ya sok aja pulang yang penting kerjaan beres
  3. biasanya jam lunch sekitar jam setengah 1 sampe jam stengah 2 lab jadi kosong.
  4. hari sabtu biasany ada kerjaan jadi masih ada yang di lab
  5. hari minggu tutup (alhamdulillah)
  6. Orang korea klo lagi ngelab itu serius banget ama kerjaannya.di Lab gw aja bener2 sepi padahal ada skitar 5 orang.
  7. professor gw ternyata prof yang bener2 sibuk.
  8. tiap hari senin jam 2-4 ada kumpul buat ngebahas paper
  9. tiap hari kamis jam 4 kumpul buat presentasi hasil kerjaan kita
  10. Alhamdulillah semua yang ada di lab gw bisa berkomunikasi inggris dengan sangat baik
Jam 1 siang gw turun dari lab karena emang ada janji sama Ms.Lee buat buka account bank di sini,jadi katanya semua biaya2 pesawat dan living cost bakal di kasi lewat bank jadi kita perlu bikin acc bank. Lumayan lama sekitar 2 jam soalnya sambil dijelasin jg pake ATMnya gmn. Beres bikin account kita pamit ama Ms.Lee karena harus solat dulu. Akhirnya kita solat di W2 (gedung yang isinya ky sunkencourtnya ITB,isinya unit kegiatan,toko,dll). Alhamdulillah banget di sini ada mushollanya.cozy jg..

Beres solat,makan siang..DDDN Pizza.3800/2 slice. slicenya setara ama slice pan pizza hut yang gede..tapi di sini agak tipis..lumayan buat ngisi perut dan nyoba makanan lain. Beres makan akhirnya ke toko dulu buat nyari barang kebutuhann cem kabel LAN dan buku dan akhirnya balik ke lab.

Akhirnya Kembali kerja di lab dengan penuh perjuangan mencoba mengerti si buku Introduction of Econophysics ini.sampe jam setengah 6 lebih akhirnya gw nyerah dan karena udah dihubungi galih jg karena mau ada ketemuan ama orang2 Indonesia di cafetariaa North akhirnya gw mulai beres2 dan pamit ama anak2 lab.

Ternyata ada 2 orang kerajinan yaitu gw dan ali yang masih nongkrong di lab jam sgitu sementara yang lain udah pada cabut dari jam kapan tau..Langsung lah gw cafetaria north. Di sana akhirnya makan bareng ama anak2 Indo yang lain kayak mas arif yang dari BATAN sekarang s2 teknik nuklir di sini, kak Indri, Alfan anak IF'06 sekarang di komputer science,dll

beres makan di ajakin mas arif buat solat di W2 ya uda akhirnya kita semua bareng2 ke sana buat jamaah magrib dan sambil nunggu isya jg. Beres solat ngobrol2 dulu nunggu jam stengah9. Deket2 jam stgh9 kita ke halte bus buat balik ke dorm. dan ternyata si Alfan salah liat.. si bis harusnya datengnya jam 9.. ya uda kita akhirnya ke KI ( Kaist Institute) jalan2 ngeliat gedungnya

Di dalem gedungnya isinya lab,ruang pertemuan,ruang belajar,bener2 suasana belajar di sini dibangun banget deh.dan gw baru menyadari klo ITB bener2 ketinggalan jauh.terutama dari sisi fasilitas lab...parah..lab2 di KI bener2 gila..sema teknologi canggih ada di sini,lab2 yang cuma gw liat di TV2 akhirnya bisa gw liat di sini secara langsung.

Deket2 jam 9 kita ke halte buat naek bus bareng Alfan jg karena ternyata sedorm. Ternyata penuhajalah bisnya ampe gw harus berdiri same kampus ICC.Nyampe di dorm akhirnya diajarin dulu sama alfan buat nyuci dan make microwave karena alat2 di sini semuanya pake bahasa korea.

Dan akhirnya sekarang bisa ngenet di kamar...yeah2
tapi gak boleh seneng dulu karena besok harus ngelab dan harus kuat sampe malem!!

No comments: