12 October 2010

An Introduction to Econophysics

Akhir-akhir ini makin stress dengan kerjaan di lab,dimulai dari minggu kemarin, dikasih buku sama professor gw yang judulnya "An Introduction to Econophysics".



Katanya si profesornya sih " kamu gak perlu ngerjain satu-satu yang ada di buku,baca aja secara umum biar ngerti maksudnya apa" tapi ya tetep aja, pas masih bab I aja udah banyak kosa kata yang asing banget..alhasil harus googling2 lagi buat nyari maksudnya apa.Sampai saat ini udah habis setengah buku dan masih belum bisa menemukan kerangka berpikir dari si sistem econophysics ini. Sumpahlah bener2 pusing. agak iri klo dibandingkan anak fisika yang lain yang kebanyakan ilmu s1-nya banyak yang bisa dipake. setelah selama ini gw baca2 bukunya ternyata semua ilmu yang ada di buku ini kebanyakan probabilitas dan statistik yang udah advanced. contohnya masalah random walk,levy's distribution,stochastic process,dan nama-nama lainnya yang pasti asing dan gak pernah di denger selama kiliah fisika di ITB.

Pas iseng2 nanya labmate,ternyata baru tau klo di lab gw ilmu econophysics ini bener2 baru dikembangkan dan yang pernah belajar cuma 1 orang itupun katanya dia gak dalem2 amat. Akhirnya pengen ketemu banget sama professor tapi 3 hari ini susah banget ketemunya. karena emang si prof sibuk banget dan udah disaranin ama labmate buat email ke dia aja janjian ketemuan. malam ini rencananya mau nge-email ke si prof. usaha lainnya yaitu nge-mesage facebook ke pak thee.karena waktu itu pak thee pernah kasih link-link mengenai ecnophysics jadi mungkin pak Thee bisa bantu ..

ditengah kebingungan gw menemukan bacaan di sampul bukunya

"This book is intended for students and researchers studying economics or physics at a graduate level and for professionals in the field of finance. Undergraduate students possessing some familiarity with probability theory or statistical physics should be able to learn from the book"

tapi gw pasti bisa!!!..haha

No comments: