08 October 2010

KAIST, 8/10/10 (Islam in Daejeon,South Korea)

Hari ini pertama kalinya ngerasain jumatan dengan suasana yang berbeda. sekitar jam 12 ngumpul di mushola W-2 buat berangkat bareng pak arif ke Islamic Centre-nya Daejeon. Jalannya lumayanlah, sekitar 15-20 menit dari kampus. Sampe di sana ternyata tempatnya kayak masuk ke ruko gitu dan mesjidnya (kalo di Indonesia lebih dibilang musholla) didalem ruangan gitu. Setelah wudhu akhirnya salam2an ama beberapa orang dari negara lain. Ternyata Islam di sini kerasa banget karena setiap ada yang masuk pasti nyapa,salam-salaman,ngobrol dikit..baru duduk

Khotbah Jumat mulainya jam 1,Khotbahnya pake bahasa Inggris dan yang jadi khatibnya orang dari mesir. Inggrisnya lumayan bagus jadi gw ngerti apa yang disampaikan. Tadi isi khotbahnya tentang pentingnya dateng jumatan sebelum waktu khotbah dimulai,dan berbagai petuah lainnya. Beres jumatan diajakin sama mas dito buat ke restoran halal. Ternyata yang punya itu salah satu orang korea yang ada di mesjid tadi dan ternyata dia nikah sama foreigner. Di restoran halal beli kebab tapi agak mahal sekitar 3000KRW. Dan gw pas ngobrol2 di sana baru nyadar klo yang namanya halal itu bukan sekedar makanan yang tanpa babi tapi juga proses nyembelihnya gimana. berarti harus mulai milih-milih nih klo makan, harus lebih prefer ikan-ikanan.

Pas baliknya jg ada kejadian yang bikin shock,tiba2 ada 2 orang yang senyum senyum nyamperin gw dan ditawarin tentang kristen2an gitu.Akhirnya setelah beberapa menit gw menghindar aja ngakunya ada kesibukan lain di lab. males deh gw ngobrol2 apalagi masalah gituan.

Hari ini juga Ibu ulang tahun tapi mungkin baru nanti malem bisa ngehubungin. Selamat ulang tahun bu

No comments: