11 September 2008

Selamatkan Baksil Kita!!!

Baksil ??apaan tuh ??
Baksil itu adalah kawasan hutan dalam kota di bandung yang terletak di daerah belakang sabuga(Sasana Budaya Ganesha). Lebih jelasnya lokasi baksil bisa dilihat dari foto dibawah ini yang gw ambil dari google earth.




daerah yang di lingkari dengan warna merah itu merupakan lokasi baksil. Emang kenapa si dengan baksil?? sebegitu pentingnyakah sehingga harus gw tulis??
jelas pentinglah, karena isu mengenai pembangunan di sumber resapan air di bandung yang selama ini tertidur akhirnya mulai bangun dan memanas kembali.Daerah baksil ini rencananya akan dibangun mall !!!.Waw.. bakal jadi seperti apa ya kepadatan jalan di daerah siliwangi dan gerbang belakang ITB,hmm...gak bisa di bayangkan d macetnya. Ada razia dadakan dari polisi aja udah macet bgt apalagi klo ada mall. Dan yang paling penting lagi adalah daerah baksil merupakan salah satu dari RTH(ruang terbuka hijau) yang ada di Bandung. Dari sumber yang gw baca di blognya mbak Shana , pengertian dari RTH yaitu:

Ruang Terbuka Hijau (RTH) kota adalah bagian dari ruang-ruang terbuka (open spaces) suatu wilayah perkotaan yang diisi oleh tumbuhan, tanaman, dan vegetasi (endemik, introduksi) guna mendukung manfaat langsung dan/atau tidak langsung yang dihasilkan oleh RTH dalam kota tersebut yaitu keamanan, kenyamanan, kesejahteraan, dan keindahan wilayah perkotaan tersebut.[PU,2005]

Kawasan RTH di kota Bandung ini seharusnya memiliki jatah sekitar 30% lahan dari luas kota Bandung dan parahnya lagi RTH yang ada di Bandung luasnya hanya 8%. Sebagai informasi lagi baksil merupakan satu-satunya hutan kota yang ada di Bandung !!! Baksil sendiri sebenarnya sudah diberi banyak peraturan mengenai pembangunan di daerah hutan kota kita ini. Salah satunya adalah tidak boleh ada pembangunan infrastruktur di daerah ini,kalaupun boleh hanya disediakan lahan sekitar 2%. Namun yang bikin kondisi kampus kita panas akhir-akhir ini adalah...Izin Mendirikan Bangunan(IMB) di daerah ini sudah dikeluarkan..duh gimana si ni pemerintah kota kita ini..pusing pusing pusing..

Apakah mereka tidak berpikir mengenai fungsi dari satu-satunya hutan kota di Bandung ini?? Apa jadinya ketika suatu saat nanti, Bandung lebih di kenal sebagai kota yang panas ?? Sebagai sumber resapan air, baksil juga berpotensi menyediakan sumber air minum (Air Ganesa),dan mungkin air yang biasa kita pakai mandi berasal dari baksil. Apakah kita nanti akan merasakan susahnya menikmati air?? Perlu berapa jam untuk sampai ke kampus dari jalan cisitu ?? Kemana lagi tempat MBWG latihan kalo kampus lagi gak bisa di pake buat latihan ??

terlalu banyak pertanyaan tapi apa yang bisa kulakukan ???

mungkin sebagai langkah awal gw cuma bisa menulis di blog ini. Memberitahu orang-orang yang mampir kalau ada isu seperti ini. mungkin bisa menginspirasi. situs yang membahas mengenai hal ini dapat dilihat juga di savebabakansiliwangi.wordpress.com

O iya bagi teman-teman yang juga tidak setuju dengan pembangunan di daerah baksil ini,dapat menyuarakan dukungannya dengan mengirim petisi Manifesto Babakan Siliwangi di www.petitiononline.com/baksil.

gambar yang gw ambil dari situs ini. Sederhana tapi ....Waw..


Tunggu apalagi ??
Ayo selamatkan Hutan Kota kita dengan cara kita sendiri!!!


2 comments:

Bagja Patria said...

Kang Septian, salam kenal..

ijin link postingan ini di blog saya ya..

Hatur nuhun

Bagja Patria said...

lupa, blognya di http://bagjapatria.wordpress.com/

bukan yang di blogspot..