28 February 2012

BPS Pertamina Gas (Kewiraan) Part 1

Sebelum cerita ini dimulai mungkin ada baiknya dikasi pengantar dulu. Alhamdulillah sebelumnya gw sudah diterima di salah satu anak perusahaan BUMN, yaitu Pertamina Gas setelah melalui proses rekrut yang cukup alot. Perjuangan setelah diterima dan menandatangani kontrak ternyata semakin berat. Salah satunya adalah harus mengikuti proses training yang lamanya sekitar 8 bulan. Training di Pertamina sebagian besar terdiri dari Kewiraan (militer), Classroom, OJT (On the Job Training), Presentasi KKW (semacam skripsi). 

Mungkin di kesempatan sekarang, gw bakal cerita tentang kewiraan yang baru saja gw alami selama 2 minggu sebelumnya. Nanti bagian-bagian yang lain bakal digilir deh kalo ada cerita yang menarik ato udah dijalani. 

Training Kewiraaan yang kmaren gw alami bertempat di Cikole, Lembang tepatnya di Dodik Bela Negara, Kodam III Siliwangi. Pengalaman kayak gini itu, bener2 pengalaman yang gak bisa dilupain dan gak mau diulangi lagi. Bayangin aja, baru juga pertama kali dateng, tiba udah ditembakin senapan, disuruh kumpul, jalan jongkok, guling -guling di tanah ..kacau banget..

Hari-hari di sana diisi ama disiplin tentara, Mungkin kalau bisa gw rangkum jadwal sehari-hari kita mulai dari pagi, ya seperti ini :

Pagi-pagi kudu bangun jam 4 pagi, beberes, mandi, nyemir sepatu sambil nunggu subuh. Beres subuh kita langsung ke lapangan hitam (red: lapangan utama tempat upacara,dll) buat senam pagi, awal-awal ya kita harus lari dululah di tengah udara lembang yang nusuk banget dinginnya. Larinya 3-4 keliling kompleks tergantung mood pelatih. Setiap lari harus sambil nyanyi dan langkah kaki harus sama! beres lari senam peregangan dan dilanjutin dengan latihan bela diri militer. Latihan bela diri itu sampe jam 6 /stengah7. Beres itu, kita dikasih kesempatan buat bersih dan harus siap makan pagi jam 7! Siap artinya kita udah ada di depan meja makan buat menyantap makanan, bukan masih baris.

Masalah makan-makan mungkin jadi hal yang paling gw benci disini. Bayangin aja kita disuruh makan dengan porsi banyak dalam waktu 5 menit doang bahkan kurang.. aje gileeee, kasian yang anak-anak cewe karena gak ada yang dibeda-bedain di sini. Hari-hari pertama, pas waktu jam makan, kita selalu ditungguin sama pelatih buat dihitungin makannya. quote yang selalu gw inget "Kalian disini makan bukan buat dirasain!" , "Dorong pake air!".. bener2 tersiksa deh, yang biasanya makan santai-santai, sekarang harus diburu2 waktu. Beres makan biasanya kita langsung kembali ke lapangan buat apel pagi dan selanjutnya melanjutkan kegiatan entah itu latihan PBB atau materi di kelas.

Ketika hari sudah menuju agak siang dikit kegiatan selanjutnya itu bina fisik. Bina fisik itu seperti olahraga siang, kegiatannya lari, pushup, sit up, dan gerakan lain di atas aspal yang udah kayak penggorengan karena teriknya matahari. Jangan lupa, buat cowo yang gak overweight semua kegiatan di atas dilakukan dengan telanjang dada dan gw termasuk di grup ini. Buat yang overweight? Buka bajunya terus pake ponco selama kegiatan jadi itu keringat ngocor teros. Efeknya? Beres kewiraan ini semua cowo mukanya hitam kebakar, kulit kepala dan hidung kebakar sampe ngelotok kulitnya, tapi badan jadi agak kurusan dikit.


Bina Fisik, Mateng dah tu badan

Beres bina fisik kita makan siang dengan aturan seperti makan pagi. Selanjutnya dilanjutkan dengan materi lagi entah itu materi lapangan ato kelas sampe magrib yang diselingi solat ashar buat break. Setelah magrib, kita dikasi kesempatan untuk bersih-bersih, dan ngaji sambil menunggu isya. Setelah isya beres, materi dilanjutkan lagi. Nah biasanya klo udah malem materi yang dikasi paling materi teori tapi tetep aja badan udah capek, jadi ngikutin materi sambil ngantuk-ngantuk. Hati-hati aja klo keliatan ketiduran atau nguap, resikonya dicelupin di kolam ikan yang udah nyampur-nyampur sama kodok. Yang dicelupin juga bukan yang tidur tapi temen kanan-kirinya jg kena, jadi kita harus selalu ngingetin supaya gak ngantuk. Biasanya materi beres jam 11 malem. Beres itu kita bisa istirahat tidur/ bersih-bersih.


Walaupun udah waktunya istirahat, kita tetep gak bakal bisa tidur dengan tenang karena ada beberapa hal yang harus dikerjakan antara lain kita harus siap siaga apabila tiba-tiba dibangunkan dengan tembakan, biasanya kita dikasi tembakan peringatan jam 12 malam dan 4 pagi, latihan siaga dan kesigapan ini sifatnya random, kita gak bakal tau kapan bisa ada serangan, dan ketika berkumpul kita harus pake perlengkapan lengkap, mulai dari baju, pakaian dinas lapangan, sepatu, rope, kopel, dll. Jadinya buat anak-anak cowo biasanya kita tidur sambil make barang-barang itu,jadi klo tiba-tiba ada serangan, langsung sigap. Selain itu ada yang namanya Jaga serambi. Jadi setiap 1 jam sekali kita digilir per-2 orang buat jaga barak, jadi misalnya jam 12-1 ada 2 orang yang jaga, nanti jam 1-2 gantian 2 orang lagi, dst sampe pagi. Yang kebagian jaga terakhir wajib beres-beres barak dan ngepel tapi gak perlu ikutan apel pagi dan senam.  (cont)

1 comment:

Ruth Dewi said...

kalo udah diterima di pertamina, trainingnya cuman 8 bulan itu aja? gak ada training lainnya lagi? thanks