28 February 2012

BPS Pertamina Gas (Kewiraan) Part 2



Beberapa pengalaman kewiraan yang cukup seru adalah waktu kita latihan fisik jalan entah berapa kilo dan praktek materi tentang survival. Latihan fisik dengan berjalan kaki bener-bener bikin stamina kekuras banget karena kadang-kadang kita harus ngelewatin selokan,sawah dan harus bener-bener nyemplung ngikutin aturan dari pelatih. Kalo disuruh guling-guling, merayap, jalan jongkok ya harus sigap. Suatu saat kita bener-bener disuruh merayap dilumpur sampe muka, baju, perlengkapan ketutupan lumpur. Yang cewe juga sama aja. Yang gak ketutupan lumpur dikasi lumpur di mukanya sama pelatih. Setelah itu harus jalan lagi entah berapa ratus meter naik turun bukit dan berakhir di sungai buat bersihin si lumpur-lumpur itu.

Selanjutnya materi tentang survival dilakukan di daerah sekitar Tangkuban Perahu. Kita semua camping selama 3 hari 2 malam dengan perlengkapan seadanya dan cuma membawa bekal bahan-bahan mentah, kompor survival, parafin, misting, ponco untuk dijadiin tenda/bivak. Materi survival yang udah diajarin secara teori bener-bener diterapin ke lapangan seperti bagaimana cara bikin tenda, tenda harus disamarkan supaya gak ketahuan sama musuh, gak boleh ada api dan asap setelah jam 5 sore, Siaga pagi sekitar jam 5 pagi dan kita harus nongkrong diem jaga perbatasan sampe matahari muncul, siaga senja jam stengah 6 sampe matahari bener-bener terbenam, Giliran jaga camp di malam hari, dll.

Hari ke-2 camp diisi dengan materi survival makanan. Kita diajarin tumbuhan mana aja yang bisa dimakan, mana yang beracun, pengolahannya gimana, dan yang paling seru adalah bagaimana cara mengolah ular. Kita bener-bener diajarin mulai dari cara megang ular, jinakinnya, ngebunuhnya, ngulitin, motong dagingnya, sampe cara ngolahnya. Ular yang dibunuh dari ular yang biasa, ular hijau, sampe kobra. Alhamdulillah yang muslim sadar kalo makan ular itu haram karena kita masih punya alternatif makanan lain saat itu, jadi daging ular kita buang.


Materi yang gak kalah seru adalah simulasi perang. Kita dikasi tau tentang suat masalah, masalah kemarin adalah ada penculikan salah satu anggota (bener-bener diculik) dan kita harus melakukan penyelamatan dan penyerbuan sesuai dengan taktik militer. Kita cuma dikasi petunjuk berupa lokasi tawanan berupa arah kompas aja.Gw sendiri saat jadi tim pengaman yang tugasnya clearing area, buka jalan, dan membimbing tim lainnya. Hasilnya.. di tangan kanan doang ada 15 luka beset dan lecet. Oke, cukuplah ya mengambarkan gimana susahnya jadi tim pengaman. 


Waktu berada di camp gw jg sering mengalami kejadian yang aneh-aneh. Mungkin salah satunya adalah ketika gw diganggu (kaki gw dipegang oleh 2 makhluk gaib) sampe gak bisa gerak, kram di semua badan dan perlu banyak orang buat bantu ngelepasinnya. Selain itu di area camp, gw sering ngerasa kalau di bagian tengah camp kita sering ada entah itu siapa yang lagi baris berbaris di tengah2 pohon. Sering gw liat ketika siaga senja dan pagi. Setelah gw konfirmasi ke teman gw yang bisa "ngeliat", dia membenarkan hal tersebut. Anyway, terlepas dari hal gaib tersebut, lebih banyak kejadian seru lainnya di hari berikutnya. Seperti pada akhirnya kita turun dari gunung melewati beberapa pos yang berisi tentang ujian dari tiap materi yang udah diberikan ke kita seperti bela diri, tali menali, pembacaan koordinat dan kompas, ngelewatin jembatan dengan seutas tali tambang, flying fox, dll. 

Jangan heran kalau suatu saat kalau ketemu gw, gw udah berubah mulai dari penampilan yang kurusan sampe sikap (mungkin), karena proses kewiraan ini bener ngejejalin kita dengan hal-hal baru yang belum pernah kita lakukan dan banyak penekanan-penekanan tentang kedisiplinan dengan harapan sikap yang dilatih selama kewiraan ini bisa kebawa sampe nanti kita bekerja di perusahaan. Oh iya diakhir latihan, kita semua mengadakan demonstrasi mulai dari PBB, Bongkar Pasang Senjata, Medik, Peluncuran (Flying Fox), Yel-yel, sebagai persembahan buat direktur Pertamina Gas

Pertamina Gas 2012 (BPA,BPS,EXP)

3 comments:

Mutiara Rizky Ayu said...

wah2.. trainingnya luar biasa ya.. wkwk btw itu berlaku untuk bps semua jurusan ? >"<

septian.s said...

hallo :)

hmm bahkan bukan cuma BPS pertamina aja, semua BUMN rata2 punya program kewiraan untuk calon karyawannya

hotcappucino said...

seru banget sep!
elo genit sih sep jadi digangguin sama makhluk gaib.. :))