15 September 2010

Cara bikin Visa ke Korea

Nah karena gw tau betapa pusingnya mencari tau cara ngurus visa ke Korea pas keberangkatan nanti oktober, gw akan membeberkan cara-cara buat ngurus visa

FYI tujuan gw ke korea adalah buat belajar (research internship program) di KAIST

jadi hal-hal yang harus disiapkan:
  1. Passport ---> bikin di kantor imigrasi setempat.
  2. Surat Undangan dari universitas yang mengundang (gw dapet surat dari KAIST 2 buah).
  3. Surat Pengantar dari Kampus (klo gw surat dari jurusan menyatakan bahwa gw benar mahasiswa fisika dan suratnya dibuat untuk kepentingan mengurus visa).
  4. Form Aplikasi (bisa di download di sini)
  5. Foto 3x4 (kemarin gw dimintainnya 1 biji aja,tapi biar lebih aman siapin semua ukuran dan jumlah masing2 minimal 3)
  6. fotokopi KTP
  7. fotokopi KTM (Kartu Tanda Mahasiswa)
  8. fotokopi KK
  9. fotokopi Buku tabungan (dalam kasus saya yang untuk tujuan pendidikan yang ini optional karena dibiayain universitas sana biaya hidupnya)
  10. Fee 300ribu/500ribu (jika tinggal <3 bulan ="300ribu,"> 3 bulan=500ribu)
Tips and Trik:
  1. Aplikasi kalo bisa sebelum ke kedutaannya sudah di isi jadi gak buang-buang waktu
  2. Alamat kedutaan Korea bukan di Jl.Gatot Subroto seperti yang ada di internet tapi di Sudirman tepatnya setelah Plaza Indonesia,Sebelum kedutaan Jepang dan EX di gedung The Plaza lt 30.
  3. Untuk masukin aplikasi dari jam 9 sampai stengah 12.
  4. Untuk mengambil visa dari jam 2-4 siang,jadi beda waktunya sama poin ke-3.
  5. Terkait dengan poin 3, usahakan datang sebelum jam 9 dan ketika masuk langsung ambil nomer antrian, karena klo keduluan orang dari travel nunggunya lamaaa.. karena biasanya orang travel langsung masukin aplikasi banyak banget.
  6. Proses pengurusan visa klo saya kemarin seminggu karena kepotong liburan lebaran,klo di websitenya sih 3 hari. tapi nanti dikasi tau ko kira-kira kapan jadinya dan disuruh telpon dulu paginya sebelum ambil visa.
  7. btw, tempatnya enak ko, ruang ber-AC dan ada TV-nya.jadi gak bakalan cepet bosen di sana.
Nah mungkin segitu aja ilmu yang bisa saya bagi ..mudah2an membantu. :)

4 comments:

HyDee said...

Hahaha,,,
akumulasi dari apa yang udah dialami dan informasi dari orang2,,, XD

anakfisika said...

hahaha yoi..abis ini mau ngepost barang2 apa aja yang harus dibawa klo kuliah ke KAIST

IntelFX-Indo said...

saya dengar dari calo paspor katanya ada yang 2 hari jadi.. dia minta Rp.1200.000 katanya yang kilat… sebenarnya yang kilat itu kalau urus sendiri berapa ya gan….? mohon pencerahan thx

anakfisika said...

wah ini masih ngomongin soal visa kan?

kalo ngurus sendiri sebenernya normalnya 3 hari dan biayanya 300ribu untuk visa 3 bulan dan 500ribu untuk di atas 3 bulan..kalo menurut saya sih sayang banget pake calo apalagi kalo sebenernya ada waktu ngurus sendiri..

sudah saya cantumkan ko di atas