05 July 2013

Produktivitas

Hampir setahun yang lalu gw mengganti laptop HP yang tadinya pakai sistem windows ke macbook pro dengan sistem OS X. Sebenarnya si laptop HP gak ada bermasalah dan masih bisa digunakan, yah paling masalah overheat aja. Penggantian laptop ini benar-benar karena alasan finansial (duitnya udah cukup buat beli mac) dan memang dari dulu pengen ganti sistem ke mac.

Sampai saat ini tidak ada satu kata sesal muncul selama menggunakan mac, yang ada malah produktivitas jadi meningkat. keunggulan mac yang gw rasakan tentunya bukan hanya dari sisi hardware saja yang memang spesifikasinya jauh di atas laptop-laptop gw terdahulu, namun juga dari sisi penggunaan software di dalamnya. 

Sebagai contoh, pekerjaan gw yang sekarang mengharuskan gw untuk punya kemampuan di beberapa bidang ilmu seperti autoCAD dan google sketchup untuk membantu gw mendesain rancang bangun sipil ketika ingin membuat pekerjaan kontrak. Kedua software tersebut untungnya ada versi OS X-nya. software yang lain adalah HYSYS untuk melakukan simulasi proses dan penyaluran. Sayangnya HYSYS ini harus dipasang di windows, namun hal tersebut bukan masalah karena sistem OS X menyediakan pemasangan sistem operasi windows melalui aplikasi bootcamp. 

software yang paling berguna akhir-akhir ini adalah Keynotes yang membuat presentasi yang gw bikin menjadi WOOOOW dan membuat orang-orang fokus dan terperangah ke presentasi gw. Selain itu aplikasi iMovie dan Pixelmator (semacam photoshop) juga gw pergunakan untuk beberapa kepentingan pekerjaan. 

Semua yang gw butuhkan untuk pekerjaan gw bisa ditangani oleh mac dengan cara sesimpel mungkin dan intinya adalah tidak pernah gw memanfaatkan laptop gw semaksimal saat ini. 

Terima kasih apple telah membuat sebuah sistem operasi yang oke banget.  :)

No comments: