22 July 2012

OJT Pertamina Gas Area SBS (Prabumulih)

Seperti yang tela gw ceritakan sebelumnya, salah satu program dari BPS Pertamina Gas adalah OJT (On the Job Training). jadi setalah kita menjalani program classroom di Jakarta, selanjutnya kita digiring ke daerah-daerah operasi Pertagas. Total Area Operasi Pertagas ada 6,
  1. Sumatera Bagian Utara (SBU) kantor pusat di Pangkalan Brandan,
  2. Sumatera Bagian Tengah (SBT) kantor pusat di Palembang
  3. Sumatera Bagian Selatan (SBS) kantor pusat di prabumulih 
  4. Jawa Bagian Barat (JBB) kantor pusat di Tegal Gede 
  5. Jawa Bagian Timur (JBT) kantor pusat di Sidoarjo
  6. Kalimantan (KAL) kantor pusat di Balikpapan
Gw sendiri kebagian untuk OJT di Area SBS bersama dengan 15 orang lainnya. 6 diantaranya BPS termasuk gw dan 10 orang dari BPA. Jadi tanggal 20 Mei kita semua langsung diberangkatin ke Palembang. Sesampainya di Palembang kita langsung dijemput oleh beberapa karyawan BPS/BPA angkatan 2011 yang sudah ditempatkan di area SBS dan SBT terlebih dahulu. Setelah makan siang perjalanan dilanjutkan ke kota Prabumulih yang jauhnya sekitar 3 jam dari Palembang. 

Lokasi Prabumulih
Prabumulih ini adalah salah satu kota di Sumatera Selatan, lumayan cukup terkenal (?) karena dekat dengan beberapa sumur minyak di daerah sekitarnya, dan juga di kota ini ada Stasiun Pengumpul Utama-nya Pertamina EP sebelum minyak-minyak hasil dari sumuran-sumuran itu di pompa ke Refinery Unit III Plaju. Dari tampilan visual awal, Prabumulih ini merupakan kota yang yaaah bisa dibilang baru mau mulai disebut kota dimana mall terbesar adalah alfamart atau indomart. Kotanya di "dikuasai" oleh Pertamina EP baik karyawan maupun pekarya, jadi udah gak asing lagi kalo sering liat orang lalu lalang pake Coverall dengan lambang Pertamina dan beberapa perusahaan Oil and Gas service lainnya seperti Indoturbine, Elnusa, Schlumberger, dll. Bisa dibilang kota ini miskin hiburan yang sering ada di kota-kota besar. Namun secara umum Prabumulih cukup nyaman untuk ditinggali asal dengan fasilitas yang memadai,hehehehe.

Bicara mengenai fasilitas yang ada di Prabumulih, sesampainya di kota ini, kita-kita para OJT-ers area SBS dibagi ke 3 rumah di komplek Pertamina EP, 6 orang termasuk gw ditempatin di Jl. Pramuka, 4 orang cewe-cewe tinggal di rumah Jl.Seroja, dan sisanya tinggal di Jl. Teratai, rumah terhoror diantara ke-3 rumah yang ada dikarenakan tempatnya yang bener2 pojook banget dan gak ada tetangga kanan kiri. Kesan setelah sampai di rumah, Alhamdulillah fasilitas lengkap. AC, tempat tidur, perabotan, kulkas, dispenser, semua lengkap tersedia. Tapi..... ketika ngeliat isi WC...Astagfirullah airnya... kotor..., jadi air untuk perumahan di sini diambil langsung dari sungai bukan dari sumur air tanah, dan gw rasa filternya kurang baik jadi ketika sampai di bak mandi, air yang masuk agak coklat2 gitu dan ketika udah agak lama. ada tanah-tanah yang mengambang di atas air.. iyuuuh ... udah gitu air gak setiap saat mengalir, cuma di jam-jam tertentu dengan debit yang kecil. Gw bahkan sempat merasakan yang namanya numpang mandi di mesjid demi mendapatkan air yang bersih. Jujur aja ngeliat air yang kotor itu benar-benar ngerusak mood buat kerja karena mandi gak bersih. 

Seperti yang sudah gw ceritakan sebelumnya mengenai minimnya hiburan di kota ini, membuat kita harus bisa menghibur diri sendiri seperti ngumpul bareng, masak dan makan bareng. Selain itu, kegiatan olahraga yang diadakan dari kantor sendiri cukup banyak. Senin dan Kamis ada main Voli, Jumat malam main badminton, sabtu ada futsal. Untungnya fasilitas untuk semuanya sudah ada dan free! Yah berita baiknya dari hal ini adalah uang saku yang dikasi jadi cukup bisa dihemat dan nabung lebih dengan minimnya hiburan dibandingkan dengan mereka-mereka yang OJT di area JBB, Malahan kalo mau makan agak mahal ya beli pempek yang di toko kayak Candy, Semar, dll atau beli martabak.


Nah, mengenai kegiatan OJT sendiri, kita semua pada hari pertama kerja langsung dibagi menjadi 3 kelompok, Setelah itu kita diperkenalkan mengenai area SBS ini mulai dari karyawan-karyawanya, kerjaannya, dll. Kebanyakan kegiatan kita adalah ikut-ikut kerjaan yang ada, kayak kalo ada kegiatan pigging (proses pembersihan pipa), Dew Point Test, dll ya kita ikut untuk ngeliat dan terjun langsung ke proses. Oh iya cerita mengenai area kerja SBS sendiri, area SBS  dibagi lagi menjadi 3 distrik yaitu distrik Pendopo, Prabumulih , dan Plaju. Dari ke-3 area ini distrik Pendopo merupakan distrik yang lumayan pedalaman lokasinya dibandingkan dengan distrik lainnya karena distrik ini merupakan awal pertama kali gas masuk dari sumuran yang berasal dari Teras dan Musi. Sedangkan distrik Plaju merupakan distrik yang yaaah paling kota karena deket dengan Palembang, semacam Ciledugnya Jakarta atau Cimahinya Bandung. Kita semua dikasi kesempatan untuk ikut kegiatan-kegiatan yang ada di 3 distrik ini sampai sekitar bulan Juli.

Jadi, apakah kegiatan OJT-nya Pertamina cuma itu aja?? ... hmmm gak juga. bagian yang paling nyebelin belum dimulai yaitu ngerjain KKW atau Kertas Kerja Wajib, semacam skripsi atau TA yang nantinya disidangin dan menjadi salah satu penilaian untuk kelulusan kita. Gw sendiri dari awal OJT sudah ada rencana topik untuk KKW gw yaitu tentang analisa internal korosi di pipa. Semoga setelah ini semua pengambilan data dan penulisan KKW lancar dan sidangnya juga. Amin. 

Overall OJT di SBS menyenangkan ko, cuma memang saat-saat sekarang ini kangen aja sama rumah, teman-teman di Bandung, anak-anak yang OJT di tempat lain, dan tentunya kebebasan dan kemapanan yang sebelumnya sempat dirasakan di Jakarta. hehehe... itu aja mungkin yang bisa secara umum gw ceritain mengenai OJT di Prabumulih ini. Tunggu postingan seanjutnya mengenai OJT di Badak LNG dan sidang KKW.

3 comments:

goeng ingganata said...

mas mau tanya2 dong tentang interview program BPA / BPS. ane ada interview untuk program BPA tgl 22 nov entar, boleh kasih masukkan gag biar lancar interviewnya dan bisa ke terima di pertamina?

echo99 said...

tanya dunk, untuk yang experience apa OJT di daerah juga atau langsung dikantor pusat ?

echo99 said...
This comment has been removed by the author.