19 February 2013

Kenapa Harus Asli?

Postingan ini terinspirasi setelah melihat berita tentang peluncuran album terbaru JKT 48. 


cek juga promosi dari member lainnya (red: penulis bukan fans JKT48, kebetulan aja liat videonya) , daan....sadar gak kata-kata yang sering keluar adalah
"beli yang asli ya, jangan yang bajakan". 
Nah, kata-kata seperti itulah yang sering kita dengar ketika artis-artis mempromosikan album terbarunya. Udah jadi hal biasa di negeri ini ketika kita pengen dengerin lagu baru, tinggal googling "judul lagu.mp3 download" dan dalam hitungan menit kita bisa dapat menikmati lagu tersebut. Tidak terkecuali dengan software-software yang kita pakai di komputer kita terlebih yang menjadi OS seperti Windows. 

Membajak memang hal yang mudah tapi mungkin kita perlu meninjau kembali dari sisi si pekarya. Pembuatan sebuah software atau lagu diperlukan suatu proses yang panjang, melelahkan dan memasukkan unsur kreativitas di dalamnya. 

Gw sendiri baru benar-benar menyadari hal ini ketika selesai menyelesaikan TA. Kebetulan TA gw adalah membuat pemodelan matematis dan fisis dari sumuran panas bumi menggunakan MATLAB. Setelah program yang gw ketik dan rancang bisa dijalankan dengan sempurna, gw pun berpikir bahwa apa yang gw kerjakan saat ini tidak seberapa dibandingkan dengan kerja keras dari orang-orang yang membuat software. Apa rasanya ya jika mereka yang udah capek-capek bikin, eh malah dibajak karyanya. Toh kita juga kesel kan ketika tulisan yang kita buat dicatut oleh orang lain tanpa menuliskan sumber aslinya. Sehingga mulai saat itu gw memutuskan untuk menghargai apa yang mereka lakukan dengan mulai membeli asli karya mereka dan mungkin gw bisa mengurangi dosa gw :p selama ini.

Menghargai produk mereka dapat dilakukan dengan berbagai cara, sebagai contoh gw sendiri adalah fans SNSD, I really love their songs and performance. Jadi salah satu cara gw untuk men-support dan menghargai kerja keras mereka adalah dengan membeli album mereka. Beberapa artis yang gw kagumi karyanya juga sedikit-sedikit mulai gw beli produknya
Album Koleksi
Selain itu gw sendiri saat ini pengguna Apple, dimana disamping dari sisi fungsionalitas, gw melihat bahwa gw dapat lebih mudah menghargai karya orang lain dengan menggunakan produk Apple karena mereka juga memfasilitasi dengan mudah. Haram bagi gw untuk melakukan Jailbreak di iPhone gw, dan untuk di Mac sendiri, gw selalu berusaha semampunya gw untuk membeli aplikasi yang butuhkan. Bukan untuk menyombongkan diri bahwa gw mampu membeli tapi pesan yang ingin disampaikan adalah gw ingin mencoba untuk menghargai hasil karya mereka.

Jadi, yuk mari sedikit-sedikit kita menghargai produk dan karya yang dihasilkan oleh orang lain dari sekarang.

No comments: